5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI
DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU
5 CARA UPLOAD SURAT PSIKOLOG DI DAPODIKDASMEN 2019C TERBARU |
Menurut
peraturan Permendikbud No. 14 Tahun 2018 bahwa Siswa yang dibawah 6 tahun tidak
dibolehkan masuk Sekolah Dasar (SD) kelas 1 meskipun kurang 1 hari, kecuali
jika ada surat rekomendasi daro Psikolog / Dewan Guru bahwa sudah layak /
kematangan bersekolah. sehinga jika tetap dipaksakan masuk sekolah maka akan
keluar informasi invalid di dapodik. untuk mengatasi invalid ini agar bisa
menyelasikan tugas dapodik anda harus melakukan upload surat keterangan dari
psikolog maupun dari dewan guru.
untuk
mengupload surat tersebut sebenarnya tidaklah susah cukup mudah. jika anda
tidak tahu cara upload surat dari psikolog ke dapodik versi terbaru ini 2019c
anda berada di tempat yang tepat karena pada kesempatan kali ini saya akan
membagikan tentang cara mengupload surat keterangan dari psikolog.
sebelumnya
mungkin anda perlu tahu sedikit mengenai yang menentukan kematangan sekolah
pada anak.
Untuk
diketahui Surat Keterangan/Rekomendasi Psikolog yang dipersyaratkan oleh
Sekolah seharusnya menggambarkan KEMATANGAN SEKOLAH, yaitu kesiapan seorang
anak baik secara fisik maupun psikologis untuk mengikuti pendidikan di Sekolah
Dasar. Jadi ada WAKTU CUKUP yang diperlukan oleh Psikolog untuk memeriksa anak
dengan seksama sesuai dengan aspek kematangan sekolah yang harus diukur,
sehingga kelak tidak ada kesulitan baik bagi siswa, orang tua dan sekolah.
Tidak seperti Surat Keterangan Sehat dari Dokter yang hanya berisi Pengukuran
Tinggi Badan, Berat Badan dan Tekanan Darah saja yang dapat dibuat hanya
beberapa menit prosesnya.
Anak
yang akan mulai masuk sekolah dasar, berada pada tahapan/masa anak lanjut. Masa
ini merupakan salah satu tonggak dalam hidupnya, ditandai oleh banyak perubahan
dalam sikap dan perilaku. Sekitar umur 6 tahun anak secara fisik mengalami
perubahan bentuk badan kanak-kanak ke bentuk badan anak sekolah. Pada masa
kanak-kanak kepala relatif besar, badan bulat, bagian atas dan bagian bawah
sama lebarnya, kaki dan tangan relatif pendek dan bulat. Secara proporsional
(dibandingkan dengan bagian-bagian badan lainya) untuk usia sekolah dasar
kepalanya relatif kecil sedangkan lengan dan kakinya relatif panjang, badan
relatif pendek dibandingkan dengan kaki, mulai tampak ada pinggang.
Bersamaan
dengan perubahan perkembangan fisik, tampak pula ada perubahan mental. Menurut
para ahli psikologi anak seperti Charlotte Buhler dan Hildegarde Hetzer
(keduanya wanita Jerman) ada korelasi yang signifikan antara perkembangan badan
dan perkembangan jiwa, sehingga tingkat perkembangan fisik anak sekolah dapat
merupakan patokan bagi kematangan jiwanya. Oleh karena itu salah satu patokan
untuk menentukan kematangan sekolah anak (yaitu sejauh mana anak sudah cukup
matang atau siap untuk dapat masuk kelas satu sekolah dasar) adalah dengan
melihat perkembangan fisiknya. Ada anak yang pada umum 6 tahun sudah cukup
matang untuk masuk kelas satu sekolah dasar, tetapi ada pula anak yang pada
umur itu belum siap mengikuti pelajaran di kelas satu sekolah dasar, dan hal
ini tidak hanya tergantung dari taraf kecerdasan saja. Dari pengalaman, kita
mengenal anak-anak yang sudah berumur 6 tahun dan taraf kecerdasannya termasuk
cukup tinggi, yaitu diatas rata-rata namun ditinjau dari perkembangan jiwanya
mereka belum cukup matang untuk bersekolah. Mereka mengalami kesulitan dalam
menangkap pelajaran di kelas, bukan karena daya tangkapnya kurang tetapi antara
lain karena sikapnya yang masih kekanak-kanakan. Mereka belum dapat duduk diam
di bangku dalam waktu yang lama, belum dapat memusatkan perhatian terhadap
tugas-tugas yang diberikan. Secara umum mereka belum dapat menyesuaikan diri
terhadap tuntutan-tuntutan lingkungan sekolah.
HAL-HAL APA SAJA YANG MENENTUKAN KEMATANGAN
SEKOLAH SEORANG ANAK
1.
Perkembangan fisik, merupakan salah satu faktor penentu kematangan sekolah
anak. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan ukuran antropometrik,
menemukan bahwa siswa-siswa yang gagal di kelas satu sekolah dasar,
perkembangan fisiknya kurang matang dibandingkan siswa yng berhasil. Dalam hal
ini minimal perlu dilihat Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halusnya.
2.
Perkembangan mental merupakah salah satu patokan kematangan sekolah, yang dapat
diukur dengan tingkat inteligensi atau tes kematangan sekolah. Kedua jenis tes
ini terdiri dari bermacam-macam tugas yang harus diselesaikan oleh anak.
3.
Kematangan emosi, sejauh mana seorang anak masih tergantung pada orang tuanya
atau masih terikat pada ibunya juga menjadi patokan kematangan sekolah. Anak
yang masih terlalu “lengket” pada ibunya, segala sesuatu harus dilakukan oleh
ibu atau bersama ibu, akan mengalami kesulitan jika di dalam kelas ia harus
berpisah dari ibunya dan harus patuh terhadap peraturan-peraturan di kelas.
4.
Sejak umur 4 tahun anak sudah mulai lebih mandiri, antara lain tampak dari
kemampuan memilih kegiatan yang ingin dilakukan. Kegiatan mana yang dipilih
tergantung dari minat anak dan pengaruh-pengaruh dari lingkungan, yaitu lingkungan keluarga
(termasuk cara pendidikan) dan lingkungan teman sebaya. Ada anak yang selalu
ragu-ragu, takut-takut, atau selalu berubah-ubah dalam memilih kegiatan yang
akan dilakukan.
5.
Anak yang cukup matang untuk bersekolah tidak hanya dapat memilih sendiri suatu
tugas, tetapi dapat pula menyelesaikan tugas itu. Perkembangan kesadaran akan
tugas dapat dilihat dari kemampuan anak untuk menyelesaikan baik tugas yang
diberikan maupun tugas yang dipilih sendiri. Menyelesaikan tugas yang dipilih
sendiri memerlukan lebih banyak inisiatif daripada tugas yang diberikan oleh
orang lain.
6.
Ketepatan prestasi kerja juga merupakan salah satu faktor yang menentukan kematangan
anak bersekolah. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah sejauh mana anak
itu mampu memperhatikan, berapa lama perhatiannya dapat bertahan, bagaimana
daya konsentrasinya, keuletan bekerjanya, sejauh mana perhatiannya mudah
beralih, dan sebagainya. Ketepatan kerja anak dapat dilihat dari tugas yang
harus diselesaikan dalam beberapa hari; demikian pula keuletannya mengatasi
kesulitan-kesulitan yang timbul, tanpa cepat-cepat meminta bantuan guru.
7.
Faktor lain yang perlu diperhatikan dalam menilai kematangan bersekolah adalah
keteraturan anak baik dalam berpikir maupun dalam perilaku, termasuk tingkah
laku sosial. Hal ini dapat dilihat antara lain dari cara menggambar, bermain,
berbicara dan bekerjsama dalam tugas-tugas kelompok.
CARA UPLOAD SURAT DARI PSIKOLOG KE
DAPODIKDASMEN 2019.C
Berikut
adalah langkah-langkah Cara Upload surat Rekomendasi Psikolog / Dewan Guru Di
Web Manajemen Sekolah.
1.
login dapodikdasmen 2019c
Masuk
ke alamat: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ klik login dan pilih Manajemen
Sekolah.
2.
masukkan user dan password
Masukan
Username dan Password sesuai dengan akun Dapodik sekolah anda masing-masing.
3.
pilih peserta didik
Setelah
login silahkan anda pilih Peserta Didik yang dinyatakan harus melengkapi
dokumen dari Psikolog / Dewan Guru seperti pada gambar berikut.
Upload
dokumen surat rekomendasi. Geser Scrool ke sebelah kanan seperti gambar
berikut.
4.
pilih dokumen surat anda
Pilih
dokumen surat rekomendasi Psikolog / Dewan Guru yang sudah anda persiapkan yang
telah anda persiapkan dengan mengklik tombol open. lihat gambar berikut.
Jika
Dokumen Surat Rekomendasi telah berhasil diupload maka akan tampak seperti
gambar berikut.
5.
klik simpan
Langkah
terakhir adalah klik tombol simpan dan tutup. Kemudian lakukan singkronisasi
pada aplikasi Dapodik. Selesai sudah Dokumen Rekomendasi Psikolog / Dewan Guru
kita upload di Web Manajemen Sekolah.
berikut contoh surat keterangan dari sekolah
baca juga 8 MASALAH UMUM DAPODIK 2019C SERTA SOLUSINYA.
itulah
dia cara mengatasi invalid siswa yang belum cukup umur 6 tahun dengan melakukan
upload surat keterangan atau rekomendasi dari sekolah ataupun psikolog.